1001 lugares que hay que visitar antes de morir (Ocio, entretenimiento y viajes) (Spanish Edition)

1001 lugares que hay que visitar antes de morir (Ocio, entretenimiento y viajes) (Spanish Edition)

PPKn kunci jawaban pkn kelas 7 halaman 139
TOLONG BANTUIN KAK:(​

kunci jawaban pkn kelas 7 halaman 139
TOLONG BANTUIN KAK:(​

Jawaban:

1. Perlawanan Rakyat Maluku

Masa perjuangan: 1811-1818

Perjuangan melawan: VOC Hindia Belanda

Ringkasan Perjuangan: Tokoh yang cukup terkenal dalam perlawanan rakyat Maluku adalah Kapitan Pattimura.Banyak perjuangan yang dilakukan seperti melakukan berbagai penyerbuan ke benteng VOC, menghancurkan kapal-kapal VOC, menentang berbagai kebijakan BelandaPerjuangan Rakyat Maluku harus berakhir kala Kapitan Pattimura dihukum gantung pada 16 Desember 1817.

2. Perlawanan Kaum Padri

Masa perjuangan: 1821-1837 (26 tahun)

Perjuangan melawan: Belanda

Ringkasan Perjuangan: Semula sebelum terjadinya perlawanan Kaum Padri, telah terjadi konflik antara kaum Padri dengan kaum adat.

Belanda yg datang kemudian berusaha mengadu domba antara Kaum Padri dengan Kaum Adat. Hal itu dilakukan Belanda dengan tujuan agar dapat menguasai Sumatera Barat.

Namun usaha untuk mengadu domba tersebut akhirnya tercium oleh Kaum Padri dan Adat sehingga akhirnya mereka melakukan perlawanan bersama terhadap Belanda.

Perlawanan tersebut dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol.

3. Perlawanan Pangeran Diponegoro

Masa perjuangan: 1825-1830

Perjuangan melawan: Kolonial Belanda

Ringkasan perjuangan: berbagai perlawanan dan peperangan yang dilakukan pangeran Diponegoro beserta para panglima dan masyarakat Jawa, dan pada akhirnya mengalami kekalahan setelah 5 tahun perang ini pun akhirnya berakhir pada tahun 1830 diakibatkan Belanda menggunakan taktik benteng stelsel yg menyebabkan pangeran Diponegoro beserta prajuritnya menyempit kemudian pangeran Diponegoro memutuskan untuk menyerahkan diri guna menyelamatkan sisa anggota pasukannya.

beliau pun kemudian ditangkap dan diasingkan ke tanah manado selepas itu beliau dipindahkan ke benteng Rotterdam Makassar hingga ajal menjemput nya pada 8 Januari 1855. dengan demikian lah berakhirlah seluruh perjuangan pangeran Diponegoro beserta para pasukannya

perlawanan rakyat Sulawesi

masa perjuangan : 1829 - 1907

perjuangan melawan : Belanda

ringkasan perjuangan : Belanda kembali mengundang raja raja Sulawesi Selatan untuk meninjau kembali perjanjian bongaya setelah Inggris tidak menjajah lagi pada 1824 Belanda belanda menyerang tanette dan kerajaan suppa belanda menang 2 kali perang Dengan kerajaan tersebut.

perlawanan rakyat Kalimantan

masa perjuangan : 1829 - 1907

perjuangan melawan : Belanda

ringkasan perjuangan : dalam perjuangan ini pahlawan yang paling berperan penting adalah pangeran Antasari. beliau bersama para panglimanya dan para rakyat banjar bersama sama gotong royong melawan Belanda. wlau sudah mati matian berjuang namun tetap saja Belanda masih tetap menang. pimpinan perlawanan rakyat Kalimantan ini kemudian meningggal di umur 75 tahun karena sakit cacarnya. walaupun demikian perjuangan masih berlanjut hingga akhirnya harus berakhir karena banyak para panglima yg tertangkap dan dibunuh.

maaf kalo salah

[answer.2.content]